Tuesday 20 May 2014

what will I be?

Topik kali ini akan berat dan galau...haha

Hari ini gw janjian ketemuan sama temen salah seorang temen SD gw di SD YPPKK Santa Moria Sorong, Papua. Udah lama banget semenjak terakhir kali ketemuan. Kalo dihitung-hitung udah 11 tahun lebih. Udah tua yah gw..ckckck

Sebelumnya temen gw ini, sebut saja dia Rima (karena emang itulah namanya), kirim pesan lewat FB ngasih tau kalo dia lagi di jakarta bikin penelitian dan dia ngajakin ketemuan. Gw yang emang lagi nganggur gak jelas ini akhirnya mau juga buat ketemuan. Karena emang udah kangen juga sih. Dan ternyata Rima yang nyamperin gw ke daerah Gading Serpong. 

Cukup salut dengan dia, cewek tapi berani banget naik kendaraan umum kereta sejauh itu dari Jakarta ke Tangerang cuman buat ketemuan. *applause* 
Emang jiwa petualang anak papua...haha...

Pas udah nyampe di depan GS, gw jemput dia dan kita ke Sumarecon Mal Serpong
Selama beberapa jam muter-muter SMS ga jelas sambil ngobrol. Kita ngomongin banyak hal. yang paling berkesan buat gw adalah tentang penelitian yang dia lagi lakukan sekarang ini di Jakarta. Jadi temen gw ini sedang sekolah lagi ambil S2 di jurusan Sosiologi. 
Men... temen gw udah S2, gw jadi dokter aja kaga jadi jadi juga...

Gw tertarik dengan topik penelitian dia yang sangat berani menantang maut itu...haha lebay...
yah mungkin karena bidangnya sosiologi juga jadi tentang kehidupan orang-orang... yah nyambung lah dengan ilmu kedokteran..

Selain tentang topik penelitian dia itu, ada obrolan yang nyinggung2 tentang idealisme juga. Rima ini merupakan orang yang sangat idealis dan orang yang berani dalam mengungkapkan pendapatnya. 
Pas lagi ngobrol sama Rima gw juga sempet membayangkan dia pake iket kepala berwarna merah lalu bawa spanduk jalan di bunderan HI dan sambil teriak pake TOA.. 

Malah jadi kebayang muka para demonstran.........
ngomongin soal demonstrasi.. waktu itu sempet ikutan Charity fun walk SD Maria Jakarta dengan jadi Tim Medis.. dan ternyata juga ikutan fun walk di bunderan HI situ.. lalu rombongan yang berbaju putih ini ternyata bertemu dengan rombongan demonstran yang menentang akuisisi bank BTN yang berbaju hitam...haha udah kayak mau tawuran putih lawan item...

Engga.. Tapi Rima ga kayak gitu kok... Jangan kayak gitu yah rim... panas... bawa payung ama pake sunblock kalo mau...

back to topic
Rima sempet ngomong dia seneng karena gw mendukung penelitian dia. katanya banyak orang yang malah melihat sebelah mata tentang topik penelitian itu. Dia bilang kita bisa nyambung mungkin karena gw juga seorang yang idealis.. 

Hmm... apakah gw juga emang idealis?

Jauh di dalam diri gw, gw akuin emang iya. Tapi karena pergaulan dengan orang-orang di sekitar gw membuat gw memendam idealisme itu. Yah mungkin karena takut dianggap terlalu aneh.
Sehingga gw lebih banyak diem.

Sebenernya gw ga terlalu ngerti juga dengan kata-kata idealis..
perkataan dr. Yusak pas lagi TLC di kampus dulu kembali terngiang.. yaitu tentang perubahan idealisme mahasiswa kedokteran.
waktu baru masuk kuliah, masih idealis banget.. mulai koas, pemikirannya udah berubah menjadi ingin cepat-cepat jadi dokter.. dan ketika jadi dokter, pikirannya adalah ingin spesialis lalu mendapat penghasilan yang banyak..

Pertemuan dengan Rima ini jadi bikin gw mikirin banyak hal... tentang arah hidup gw...
apakah gw akan tetap mempertahankan idealisme gw sewaktu gw berpikir pengen jadi dokter dulu, atau hanya di zona aman mengikuti arus...

Udah selese koas, ditambah lagi nganggur karena gak lulus exit osce dari kampus maka mulailah dengan pikiran ini... 

Mau jadi dokter yang seperti apa gw nanti?

Ketika ketemu dengan orang baru, biasanya yang lebih tua, tante2 atau om2 gitu.. maka gw udah bisa menebak seperti apa perbincangan ke depannya...

"namanya siapa?"
"Herly..."
"masih kuliah?"
"engga tante, udah lulus..."
"oh sekarang kerja?"
"engga.. lagi nunggu ujian Negara"
"Oh jurusan apa?"
"Kedokteran tante..."
"OH KEDOKTERAN?! mau ambil spesialis apa nanti?"
"hehe... masih belum tau tante..."
"ambil itu aja tuh kursus kecantikan.. trus buka klinik sendiri deh, banyak pasiennya.. obatnya mahal-mahal lagi..."
"hehe... iya..."
"ato anak... banyak tuh pasiennya... bolak balik mulu..."
dst...

selalu begitu.... dengan berbagai variasi, tapi intinya sama...

Apakah gw juga akan mengikuti arus dengan menjadi dokter seperti yang mereka sarankan itu? dengan menjadi dokter yang banyak pasiennya dan banyak duit?
Hmm.... mungkin iya, mungkin engga... tergantung dari seberapa kuat gw mempertahankan idealisme gw nanti..

waktu koas di stase Ilmu Kesehatan Anak, gw sempat melihat berbagai macam dokter spesialis anak dengan segala kesibukan mereka. Ada yang sehari pasiennya 20an ada yang juga bahkan di hari-hari tertentu mencapai 100 orang.. Ada yang sehari-harinya praktek di lebih dari satu tempat praktek, sehingga baru pulang ke rumah larut malam.. lalu setelah itu pas tiba waktu jaga dokter on call, dia bisa aja balik lagi ke RS tengah malem.. luar biasa.

kebanyakan orang hanya melihat wah pasien dia banyak banget sehari padahal cuma diperiksa gitu-gitu doang, kalo satu orang bayar 250 ribu rupiah, udah berapa juta sehari... enak banget...

Lalu gw membayangkan jika kehidupan gw nantinya akan begitu... tapi entah kenapa gw merasa gak sreg... kayaknya bosen banget tiap hari cuma dibalik meja klinik. Apa bedanya dengan orang kantoran yang tiap hari juga berada di balik meja kantor.. Fyi, waktu dulu gw kecil gw merasa duduk di balik meja kerja dengan setumpuk kertas diatasnya itu sangat membosankan.

bagi sebagian orang mungkin itu udah merupakan sebuah kesuksesan... tapi apakah orang yang menjalankan rutinitas itu sehari-hari juga merasa demikian? belum tentu..
gw justru kasian dengan mereka yang istirahatnya aja ga cukup, lalu gimana dengan keluarga mereka.. anak-anak mereka sih... kayaknya kasian aja...

Hmm... mungkin gw juga memiliki jiwa petualang... Herly si bolang *pake topi merah kebalik*

Akan jadi dokter seperti apa gw nantinya, baru bisa dijawab nanti..
Tapi gw pengen kalo gw tetep pada keinginan gw sebelum menjadi dokter dulu... dan semoga itu ga berubah...

Setelah ketemu dengan Rima, membuat wawasan gw bertambah. Membuat gw jadi lebih bersemangat (sedikit) untuk meraih lagi apa yang gw cita-citakan dulu...
Seperti Rima yang dengan berani memilih topik penelitian dia sekarang, gw jadi kembali berpikir kalo cita-cita gw masih bisa diraih..
gw juga berharap Rima berhasil dengan penelitiannya... dan gw juga tertarik dan pengen bantuin kalo diperlukan :)


Understand to achieve anything requires faith and belief in yourself, vision, hard work, determination, and dedication. Remember all things are possible for those who believe. - Gail Devers


1 comment:

Jeng Yuliana said...

Keren bgt topiknya her. That's the reason why I have come to ASRI. Krn ingin mengembalikan idealisme yg sempat terjajah dgn segala macam kekhawatiran hidup alias cinta uang. Semoga tetap bisa mempertahankan idealisme yg ada yah...