Wednesday 20 July 2011

Legio Mariae


Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Berikan aku sepuluh pemuda, maka aku akan mengguncang dunia.” – Ir. Soekarno

Kalo zaman sekarang mah... 
"berikan aku 10 pemuda... niscaya akan kujadikan boy band..." 
wkwkwk... maap om... becanda... :P

Quotes dari Soekarno itu cukup terkenal... Sebenernya sih gak ngikutin dan gak pernah baca gitu2an.. tapi berhubung di upacara bendera pas Training Mentor beberapa bulan yang lalu ada yg nyebutin, jadi tau deh... trus baru baca majalah Bejana Rohani ada lagi quotes ini...

Tapi yg gw bingung Soekarno mintanya berapa pemuda sih?
ada yg bilang 10, ada yg bilang 3, malah ada jg yg bilang 1... hmmm... sbnernya 1 juga bisa sih, tapi 10 kyknya lebih efektif... 1 gak bisa, ada cadangan 9...

Yasudahlah... gak usah diperdebatkan...
eh klo untuk boy band minimal 3 orang deng... 
okeh cukup!

Yang jelas yg diperlukan buat mengubah dunia adalah orang muda... (klo tua2 cm buat nyabut gunung ampe akar doang...wkwk... kyk daktarin)

Sebegitu besarnya peranan orang muda bagi dunia ini, maka dari itu dibutuhkan pendidikan yang memadai dari lingkungan dimana ia tumbuh...
wedew... postingan gw mulai berisi...
langsung blank deh...

Waktu belajar psychiatric emang disebutkan ada tahapan-tahapan perkembangan anak... dimana waktu menginjak usia remaja, anak tersebut mulai mencari figur diluar keluarganya untuk dijadikan panutan... Nah kalo lingkungannya jelek, maka nantinya anak tersebut bakal mengarah ke arah yang jelek juga... Efeknya bisa terbawa sampai anak tersebut menjadi dewasa ato mungkin juga seumur idup...

Nah mungkin itulah yang juga menyebabkan alasan mengapa pendidikan rohani itu sangat amat dianjurkan dari usia dini...


Sekarang ini gw mulai aktif di Legio Mariae (LM) Junior St. Laurensius...
kenapa?
yah gw jg gak tau dengan pasti kenapa gw mau ikutan...
mungkin gw ini adalah jawaban doa dari seorang tante2 yang terus berdoa memohon adanya orang yang bisa mendampingi LM junior ini...


Lambang Legio Maria

Pas barbeque-an bareng... 
fyi, ada steak yg sangat alot... ampir menyebabkan TMD.. cukup membuat trauma hingga saat ini... 
terkadang harga memang tidak menipu..


Awalnya gw sangat bergumul untuk ikut bergabung di LM... 
pertama karena tanggapan2 mengenai LM itu sendiri yang pada bilang klo LM itu kaku, harus berdoa tiap hari, harus ngunjungin orang sana-sini, dan biasanya yg ikutan itu ibu2... (-_-)
tapi disisi lain, gw sangat suka memperhatikan orang lain... jadi gw pikir gw akan suka dengan tugas mengunjungi orang sakit...

dan selain itu, karena disaat itu gw jg sedang bertanya2 siapa itu Maria? kenapa gereja katolik mengakui maria? yah pokoknya pertanyaan ini bikin gw pusing... awalnya gw hanya biasa aja... tapi dengan semakin dewasanya gw + pergaulan kampus yang kebanyakan dari kristen.. gw pun makin kritis (halagh lebay amat)...

emang yah Tuhan itu sangat menggemaskan... disaat ingin menjauhi sesuatu sampai ada jawaban pasti, malah disitulah makin didekatkan...

Akhirnya gw memutuskan untuk mencoba ikut rapat LM setiap hari Minggu...
dan ternyata emang kaku banget.... setiap orang yg ingin melaporkan tugas yg telah dilakukan, maka harus dengan bahasa yang formal... trus berdoa tesera bareng dan di dalam tesera itu juga ada doa rosario... Jadi setiap minggu berdoa rosario... ada sharing juga...

Ada perasaan lucu juga sih... kok ada anak2 yg betah banget dengan sistem yg kaku ini...
Kakunya tuh krn ada peran perwira (ketua, wakil, sekretaris dan bendahara).. Jadi walopun usia mereka masih SD dan SMP tapi mereka udh mengemban jabatan sebagai perwira...
tapi gak smuanya kaku kok... ada becandaannya juga, namanya juga anak-anak...

Dengan seiringnya waktu, gw mulai terbiasa... mulai bisa beradaptasi dengan anak-anak, mulai biasa menjalankan tugas kunjungan...

gw mayan suka dengan tugas kunjungan ^^
walopun kadang2 suka malas klo ada yang mengunjungi...

pernah suatu kali gw mengunjungi tante2 gt... dia baru kecelakaan dan 4 ruas tulang belakangnya retak... akhirnya dioperasi dgn menyuntikkan semacam gel di situ trus katanya lama2 bakal nempel gt... 
tantenya cm bisa tiduran dan gw berkunjung bareng temen Legio.. akhirnya kita ngobrol2 doang skitar 20 menitan dan ditutupi dengan doa...
udah gt pulang... dan sblm pulang nyokapnya tante itu bilang terima kasih karena anaknya udah dikunjungi dan diperhatiin... kyknya dia emang terhibur banget...

yah dari pengalaman semacam itu, gw jadi surprise jg krn dengan kunjungan ini ada yg sangat terhibur... Padahal juga cm ngobrol2 dan malah gw jadi dapet banyak tambahan pengetahuan krn nanya mulu sm tantenya ttg operasinya dia... 

Tapi selain itu, ada juga pengalaman pahit...
Pas ngunjungin salah satu anggota, kan gw udah mulai sok kenal dan sok ramah gt nyapa dia... trus pas mo minta masuk dia malah... "mo ngapain dulu?"
astagaahh....
okeh... memang tidak smua orang itu ramah... untungnya gw gak emosi...!
ya iya lah justru gw malah takut...mana berani sm anak orang..wkwkwk....

Dari smua pengalaman di LM ini, banyak segi positifnya sih buat gw...
Sebelumnya gw adalah orang yg gak aktif pelayanan di gereja... Ke gereja itu yah klo setiap minggu aja udah termasuk bagus... udah gt dateng emang cm mo ikut Misa aja, selese Misa langsung pulang...
Jadi yah gw gak kenal siapa2 disitu... sangat ansos...

Tapi semenjak ikut LM junior ini, mulai tau muka2 di gereja tuh namanya siapa... selain itu juga mulai perhatian sama orang2 di lingkungan sendiri... jadi tau klo ada yang sakit ato ulang tahun... 

Pas ikut dr. Handoko kunjungan ke pasiennya, gw pikir itu gak jauh beda sm yg selama ini tugas di Legio, cm yah bedanya emang ada pemeriksaan oleh dokter...
smoga klo nanti jadi dokter bisa kyk gt juga :)
memperhatikan pasien diluar tempat praktek...


Selain itu, dengan mengikuti Legio, perlahan-lahan mulai mengenali siapa itu Maria...
yah emang dia itu adalah orang yg melahirkan Yesus...
tapi jgn dilupakan juga kalo dia sebenarnya adalah seorang wanita yg menyerahkan seluruh hidupnya untuk jadi hamba Allah...

selama ini sangat disayangkan kalo ada juga diantara orang2 katolik yang salah persepsi dengan Bunda Maria... yang malah lebih fokus sama Maria sehingga orang2 lain yg ngeliat itu menganggap kalo orang Katolik itu kesannya menyembah Maria...
sering banget tuh klo di FB...zzz... dari pada emosi mending gak usah baca gituan...

Padahal sebenarnya Bunda Maria itu adalah panutan kita bagaimana menjadi hamba Allah secara total... dan Bunda Maria itu juga membantu mendoakan permohonan2 kita kepada Allah... makanya klo di kalimat2 doa gt nyebutnya "Santa Maria" kita jawabnya "doakanlah kami" bukan "kabulkanlah doa kami"
Banyak sebutan untuk Bunda Maria, dan sebutan inilah yang dijadikan nama suatu Presidium di Legio... contohnya di gereja gw ada presidium Regina Misionum, Regina Cordium... 

di Legio Mariae ini, Bunda Maria adalah perwira para Legioner (sebutan orang yg ikt Legio)... Jadi diharapkan agar semua Legioner memiliki semangat Maria dalam menjalankan segala tugas2nya dan juga dalam mewartakan Kerajaan Allah...


info sekilas ttg Legio Mariae
Pada 7 Desember 1921 di Dublin, Irlandia, 15 orang awam Katolik berkumpul untuk membicarakan bagaimana melaksanakan pelayanan sebagai kaum awam yang merasul. Setelah memohon bantuan Roh Kudus dan mendoakan rosario, mereka memutuskan untuk pergi dalam kelompok-kelompok kecil, bisa hanya berdua, mengunjungi Rumah Sakit di Dublin yang penuh dengan pasien-pasien miskin, tanpa kerabat dan orang jompo. Mereka kemudian juga memutuskan untuk kembali bertemu setiap minggunya. Peristiwa inilah yang mendasari lahirnya Legio Maria: berdoa bersama-sama, melaksanakan pekerjaan merasul dan pertemuan mingguan. Dari awal yang sederhana, dibimbing oleh Roh Kudus dan semangat Bunda Maria dalam karya pelayanan, bentuk kerasulan Legio Maria ini menyebar ke seluruh dunia.
Pendiri dari Legio Maria ini adalah Frank Duff...
(gemawarta.wordpress.com)

Kalo dijalani dengan sungguh-sungguh maka sbenernya LM ini bener2 luar biasa... Kalo di gereja ada pastor ato pendeta yang memberitakan injil, maka diluar gereja harusnya kita2 ini lah yang membantu tugasnya mereka... Nah salah satu wadahnya adalah LM ini...
Gw salut dengan para legioner junior... justru gw banyak belajar dari mereka karena mereka yg duluan jadi legioner...

oh iya, btw anak2 legio junior banyak juga lhoo yg cowok... jadi yah Legio itu emang untuk smua gender... walopun untuk Legio Senior tetep aja kebanyakan oma2 dan ibu2...

Yah smoga mereka tetep bisa membawa hal-hal dasar yang dibagikan di dalam Legio ini sampai nanti mereka dewasa dan tua... smoga bs menjadi hal yang positif...
dan terlebih lagi smoga mereka bisa mengguncangkan dunia...wkwkwk.... bikin gempa dong...


Ecce Ancilla Domini Fiat Mihi Secundum Verbum Tuum
Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu

1 comment:

Christy said...

Aku juga anggota Legio OMK.. dan aku senang baca tulisan kamu ini..
Iya, ak juga sm kayak kamu, ak ikut legio malah krn gak enak sm Romo yg sering ngajakin ak ikut, akhirnya coba ikut sekali.. Tadinya udah gak mau lanjut tp tiba2 dipilih jd panitia acara..
Coba aja lanjut terus, eh puji Tuhan dr Desember 2009 smpe sekarang..
Ini ak lagu mau mulai bimbing legio junior di paroki, mohon doa yha.. ^^
Tetep semangat di LM.. Ave Maria!!

_Christy_